Tips Mencari Printer yang Bandel, Awet dan Jarang Rusak

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Untuk menemukan Printer yang Bandel, Awet dan Jarang Rusak bisa dikatakan susah-susah gampang. Kita tahu bahwa di pasaran banyak sekali merek dan jenis printer yang bisa dipilih. Tapi justru kadang banyak-nya pilihan tersebut justru membuat kita bingung untuk menentukan dan memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan. Apalagi jika kita ingin mendapatkan mesin printer yang berkualitas, tentu saja kita tidak boleh sembarangan membeli produk-produk yang ada.

Dalam mencari printer atau membeli printer akan saya bagikan beberapa tips membeli printer bagus tentunya yang bandel, awet dan jarang rusak. Disini saya tidak akan memberikan rekomendasi atau menyuruh atau menyarankan anda untuk memilih produk tertentu tetapi akan memberikan gambaran apa-apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan dalam mencari produk printer yang diinginkan. Jadi lebih kepada tips dan kiat yang didapat berdasarkan pengalaman yang ada.

Mencari printer tentunya pertama harus disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Maka dalam hal ini kita harus tahu dulu kebutuhan yang bagaimana untuk printer yang kita kehendaki. Sebagai contoh dari segi kegunaan, misalnya printer yang hanya akan digunakan untuk kebutuhan mencetak dokumen biasa atau printer untuk khusus mencetak foto. Harus kita tentukan terlebih dahulu bagaimana kebutuhan yang kita miliki dengan printer tersebut. Baru setelah itu kita bisa menentukan kriteria atau spesifikasi printer yang sesuai.

Kebutuhan yang kita miliki akan menentukan jenis printer yang dipakai. Untuk kebutuhan sehari-hari kita bisa memilih printer standar yang user friendly dengan anggaran yang kecil namun untuk kebutuhan usaha seperti cetak foto maka kita perlu printer khusus foto yang fitur-nya berbeda dan harga-nya juga lebih tinggi. Jadi jelas bahwa kita tentukan terlebih dahulu untuk apa printer yang akan kita beli.

Selain itu, pengguna printer juga akan menentukan jenis printer yang bisa dipilih. Misalnya, kalangan profesional tentu akan lebih membutuhkan kelas printer pro yang penuh dengan fitur dan kemudahan. Untuk pengguna umum biasanya hanya membutuhkan printer biasa untuk mencetak dokumen, printer untuk para pelancong pun berbeda misalnya menggunakan printer mini ukuran kecil. Nah, disini akan di bahas tips mencari printer bandel, awet dan jarang rusak untuk dua jenis pengguna yaitu pelajar, mahasiswa dan umum serta kalangan profesional.

Untuk kalangan umum, pelajar dan mahasiswa tentu kebutuhan printer-nya berbeda dengan kalangan profesional atau pekerja kantoran. Kalangan umum biasanya hanya membutuhkan jenis printer yang standar baik dari segi fitur maupun kemampuan mengingat printer kebanyakan hanya akan digunakan untuk mencetak dokumen dan beberapa jenis dokumen warna. Kalangan pelajar dan mahasiswa pun demikian, tidak membutuhkan printer yang terlalu canggih dan harganya selangit. Dalam mencari printer yang sesuai untuk umum, pelajar dan mahasiswa ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan yaitu sebagai berikut.

1) Printer yang mudah digunakan
Pertama, karena bukan dari kalangan profesional maka yang dibutuhkan adalah jenis atau merek printer yang mudah digunakan. Ini bisa dikatakan syarat pertama dan utama dalam mencari printer bagus yang bandel, awet dan jarang rusak untuk pelajar, mahasiswa dan umum.

Kalangan pelajar, mahasiswa dan umum sebaiknya memilih jenis printer yang benar-benar mudah digunakan atau mudah dioprasikan. Dengan begitu kemungkinan printer rusak karena salah pengoprasian bisa dikurangi. Merek printernya bisa bermacam-macam, bisa memilih dari Canon, Epson, HP dan juga merek printer lain yang sudah banyak dikenal.

2) Printer yang harganya murah
Kedua, printer untuk pelajar, mahasiswa dan umum sebaiknya juga dipilih yang harganya terjangkau atau murah, kenapa demikian? Memilih printer murah tentu berdasarkan efektivitas printer yang akan digunakan. Misalnya, sekedar untuk mencetak dokumen kerja tentu saja akan kurang berguna jika kita membeli printer dengan banyak fitur misalnya printer all in one.

Meski sebenarnya dibutuhkan namun tingkat kebutuhannya kan kecil sehingga akan lebih baik jika kita fokus-kan pada printer dengan kebutuhan pokok yang harganya lebih sesuai. Sederhananya, kalau hanya untuk print dokumen biasa kenapa harus memilih printer yang mahal jika yang biasa saja sudah memadai.

3) Suku cadang dan perbaikan
Kalangan pelajar, mahasiswa dan umum menurut saya sebaiknya juga memilih printer yang suku cadang dan tempat perbaikannya tersedia dan memadai. Dari pengalaman pribadi sebagai pengguna umum, memilih jenis printer yang belum banyak dikenal dan tenar akan menyulitkan ketika mengalami kerusakan karena suku cadang dan tempat servis atau perbaikannya masih jarang dan susah di cari.

Saya sendiri pernah membeli printer yang tidak populer, meski bagus, namun ketika ada komponen printer yang rusak dan harus diganti di tempat servis saya kesulitan mencarinya sehingga akhirnya printer tersebut saya musiumkan. Itulah beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk mencari printer yang sesuai bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan umum. Dengan memperhatikan beberapa tips tersebut maka diharapkan kita akan lebih mudah mencari mesin printer yang bagus dan tahan lama.

Printer untuk usaha kalangan profesional

Lain dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum, kaum profesional cenderung membutuhkan printer yang memiliki spesifikasi yang handal dengan harga yang tentunya lebih tinggi. Nah, untuk kalangan profesional ada beberapa tips untuk mencari printer yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan awet. Beberapa tips atau kiat tersebut yaitu antara lain sebagai berikut!

1) Printer yang ukurannya sesuai
2) Printer sistem CIS (continous ink suply) atau sistem infus
3) Printer yang sesuai kebutuhan kerja

Untuk kalangan profesional agar mendapatkan printer yang berkualitas maka tentu saja pilihan utamanya adalah mencari printer kelas pro dengan harga yang cukup tinggi. Seperti kita tahu, harga tentu akan berbanding dengan kemampuan atau fitur yang ditawarkan. Nah, dalam memilih atau mencari jenis printer-nya pertama bisa kita perhitungkan dari sisi ukuran printer. Untuk kebutuhan ruang kantor yang sempit sebaiknya dipilih printer yang ukurannya kecil dan mudah diletakkan dimana saja.

Kalangan profesional juga sebaiknya memperhatikan fungsi utama printer yang akan di beli. Misalnya, untuk kebutuhan pencetakan dokumen hitam saja maka akan lebih efektif jika memilih jenis printer laser yang kecepatannya lebih tinggi. Untuk kebutuhan dokumen-dokumen warna misalnya akan lebih memadai jika menggunakan jenis printer yang menggunakan sistem CIS agar kita tidak perlu terlalu sering mengisi tinta yang habis.

Tips Mencari Printer yang Bandel, Awet dan Jarang Rusak

Jenis printer yang bisa lebih tahan lama umumnya memiliki rentang harga yang cukup tinggi meski sebenarnya awet dan tidaknya printer juga tergantung pada bagaimana cara perawatan dna penggunaannya. Untuk memastikan printer awet dan tahan lama memang sebaiknya perawatan harus diperhatikan dan penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk penggunaan pada mesin printer tersebut mulai dari kapasitas cetak, kapasitas handler dan sebagainya.

Printer A yang biasanya Bandel, Awet dan Jarang Rusak juga bisa menjadi printer yang kurang bagus dan cepat rusak saat digunakan oleh B yang menggunakan printer tidak sesuai dengan pedoman. Maka dari itu, sebagai kesimpulan, awet dan tidaknya printer bukan hanya tergantung pada kualitas printer itu sendiri tetapi sering kali lebih dipengaruhi oleh siapa yang menggunakan. Itu saja, semoga menjadi bahan pertimbangan kita semua.