Memaksimalkan Cetak Foto Canon IP2770

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Memaksimalkan Cetak Foto Printer Canon IP2770 - Menggunakan printer standar dengan harga yang murah memang akan menghasilkan cetakan yang tentunya kurang begitu profesional. Hal ini sudah tidak bisa ditawar dan tidak bisa dihindari.

Karena dengan memilih printer standar maka secara tidak langsung kita bersedia mendapatkan hasil cetakan standar pula. Satu-satunya yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik hanyalah dengan cara memaksimalkan hasil cetak dari printer tersebut.

Kali ini berkaitan dengan hal di atas kita akan membahas langkah atau cara yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan cetak foto pada canon ip2770. Seperti kita tahu, canon ip2770 adalah jenis printer standar yang penggunaannya lebih pada tujuan kebutuhan rumahan dan bukan kebutuhan profesional.

Karena itu banyak pengguna yang kadang merasa kurang puas dengan hasil cetak printer ini khususnya dalam pencetakan berkas foto.

Seperti yang di singgung di awal maka satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan fungsi cetak yang dimiliki oleh printer tersebut. Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini, baca juga:
  1. Printer canon ip2770 tinta hitam tidak keluar
  2. Printer canon ip2770 infus
  3. Printer canon ip2770 warna hitam tidak keluar
  4. Printer canon ip2770 lampu orange berkedip
  5. Printer canon ip2770 tidak bisa ngeprint
  6. Printer canon ip2770 lampu kuning berkedip
  7. Printer canon ip2770 error 5100
  8. Printer canon ip 2770
Persoalannya sekarang adalah kita belum tahu apa yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan fungsi printer yang kita miliki tersebut. Sebenarnya apakah ada kiat khusus untuk masalah ini? Tentu saja ada, dalam memaksimalkan hasil cetak foto dengan printer ini maka kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1) Gunakan easy canon photoprint
2) Gunakan cartridge original
3) Gunakan tinta dan kertas foto profesional

Ketiga hal di atas dapat kita lakukan untuk memaksimalkan hasil print dari mesin printer ini. Perlu diingat, langkah di atas bukan untuk membuat hasil cetak lebih bagus namun lebih kepada untuk membuat kerja printer lebih maksimal.

Dengan beberapa cara di atas maka printer kita bisa menghasilkan cetakan yang benar-benar sesuai dengan kapasitas atau kemampuan yang dimiliki.

A. Gunakan easy canon photoprint

Pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan program bawaan printer ini yaitu easy canon photoprint. Program ini memang sudah di rancang khusus untuk memaksimalkan hasil cetak foto dengan menggunakan jenis printer canon.

Maka dari itu jika kita ingin hasil cetak yang maksimal maka hendaknya kita mencatak dengan software tersebut.

Cara mencetak dengan easy canon photoprint tidak sulit. Kita tinggal membuka software tersebut dan mencatak foto melalui opsi pencetakan foto yang sudah tersedia. Selanjutnya kita tinggal melakukan pengaturan sesuai dengan keinginan misalnya dengan memilih opsi pencetakan dengan border atau tanpa boarder. 

Selain untuk mencetak foto, software khusus dari canon ini juga bisa digunakan untuk beberapa opsi pencetakan lain yaitu untuk mencetak album, tanggalan atau kalender, stiker (sticker), dan juga layout print. Bagaimana, cukup lengkap bukan?

Dengan menggunakan menu pencetakan ini maka kita bisa menghasilkan cetakan yang lebih maksimal karena software tersebut memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kemudahan dan kebutuhan pengguna.

Memaksimalkan Cetak Foto Canon IP2770
Foto: Tampilan menu easy photo print

Selain menggunakan langkah di atas tentunya agar hasil cetak bisa lebih bagus masiha da beberapa hal lain yang bisa kita lakukan. Supaya lebih maksimal kita juga dapat melakukan langkah selanjutnya seperti di jelaskan di bawah ini.

B. Gunakan cartridge original

Hal yang juga mempengaruhi hasil cetakan dari sebuah printer adalah kualitas mata pena printer atau yang sering di sebut cartridge. Untuk hasil yang maksimal sesuai dengan standar dari pabrik maka sebuah printer harus menggunakan perangkat yang sesuai standar.

Dalam hal ini sebaiknya kita gunakan cartridge original atau cartridge yang kualitasnya sesuai standar pabrik yang direkomendasikan. 

Bagi yang tidak melakukan pengamatan mendalam terhadap hasil cetakan mungkin tidak bisa membedakan hasilnya bagaimana namun jika kita amati lebih dalam hasil cetak dari cartridge bajakan kurang begitu maksimal jika dibandingkan dengan hasil dengan cartridge ori.

Biasanya yang memperhatikan benar masalah ini adalah mereka yang banyak melakukan pencetakan foto misalnya usaha studio foto atau cuci cetak foto. 

Perbedaan yang bisa diamati dalam penggunaan perangkat keras ini adalah pada sisi ketajaman cetakan dan juga dari sisi warna. Sebagai contoh coba bandingkan hasil cetak printer yang masih baru dan hasil cetak printer yang sudah pernah di ganti cartridge-nya.

Untuk langkah ini kita memang harus menambah biaya karena harga cartridge ori biasanya lebih mahal namun untuk kualitas tentu saja bisa dibedakan hasilnya. Bukan hanya dari sisi hasil cetak, jika kita menggunakan cartridge original maka biasanya akan lebih awet alias tahan lama.

C. Gunakan tinta dan kertas foto profesional

Yang terakhir, untuk hasil cetakan foto canon ip2770 lebih maksimal sebaiknya kita juga menggunakan tinta dan juga kertas foto yang bagus atau yang kualitasnya profesional. Tinta printer akan berpenaruh terhadap ketajaman dan daya tahan hasil cetakan, begitu juga dengan kertas foto yang di gunakan.

Coba lihat saja, untuk usaha-usaha cuci cetak foto atau foto digital profesional, mereka pasti selalu mengedepankan penggunaan tinta dan kertas yang memang sudah diakui kualitasnya.

Maka dari itu kita juga bisa meningkatkan kinerja printer dengan cara menggunakan tinta yang bagus dan juga kertas yang bagus. Jangan sampai karena tinta murah atau bajakan printer jadi cepat rusak, jangan sampai karena kertas yang murah hasil cetak foto jadi cepat pudar dan kurang teras, jernih dan sebagainya.

Bagaimanapun jika kita menginginkan kualitas maka kita harus meluangkan lebih banyak dana, karena kualitas juga ditentukan oleh harga. Itulah sedikit gambaran bagaimana kita bisa Memaksimalkan Cetak Foto Printer Canon IP2770 yang kita miliki di rumah.


Dengan membiasakan beberapa teknik di atas maka diharapkan kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi meski dengan mesin printer yang standar rumahan. Itu saja, jangan lupa untuk membaca beberapa tips seputar printer lainnya di bagian akhir tulisan. Sampai disini, semoga bermanfaat!